Kamis, 09 Maret 2017

Praktikum 3 ORKOM

Soal dan jawaban Praktikum ORKOM 3 :

1. Sebutkan perbedaan motherboard mATX dan ATX!

-Matx ukurannya lebih kecil di banding atx
-Atx memilikiexpansion slot lebih banyak di banding Matx


2. Sebutkan perbedaan memory DDR3 dan DDR 4 !

letak lubang pin pada slot ddr 4 lebih ketengah, sedangkan ddr3 agak di pinggir
Ddr4 terdapat 288 pin sendangkan ddr3 terdapat 240 pin
 Kecepatan ddr3 maksimal 2133Mhz sedangkan ddr4 bisa sampai 3200 Mhz


3. Apa yang dimaksud dengan SLI dan Crossfire ?

SLI adalah menggabungkan dengan VGA Nvdia sejenis dalam satu computer untuk meningkatkan kemampuan VGA tersebut.

Crossfire adalah menggabungkan dengan vga Ati Radeon sejenis atau tidak sejenis tetapi terdapat limitasi tertentu, untuk meningkatkan kemampuan VGA tersebut.






Steven Sen        https://youtu.be/R7tJ2pb8EjA
Febriana            : https://www.youtube.com/watch?v=2ylp6dpcfSo
#Sofwan              : https://youtu.be/qZvG1S0gRKM


PRAKTIKUM ORGANISASI KOMPUTER DAN SISTEM OPERASI
PENGENALAN HARDWARE CPU


Disusun Oleh :
Kelompok A :
Febriana.                                                         : 064001600017
La Ode Muhammad Nur Abdurahman         : 064001600013
Soefwan                                                           : 065001600002
Steven Sen                                                       : 064001600022


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
                        UNIVERSITAS TRISAKTI              
2017

I              JUDUL PRAKTIKUM    : PENGENALAN HARDWARE
II            TUJUAN PRAKTIKUM     : Dapat menjelaskan bagian-bagian komponen hardware
CPU
III          ELEMEN KOMPETENSI
1. Deskripsi         : Menjelaskan dan menunjukkan bagian-bagian komponen hardware dari  
CPU.

2. Kompetensi dasar     : Dapat Menjelaskan dan menunjukkan bagian-bagian komponen hardware
dari CPU.

IV. Data percobaan

  1. Motherboard
2. Processor


3. Kipas Processor

4. Slot RAM

5. RAM
6. DVD ROM

7. Power Supply

8. Slot Harddisk
9. Slot PCI

10. Slot SATA

11. Kabel SATA



12. Slot ATX power

13. Slot ATA

14. Slot VGA Card


BAGIAN-BAGIAN PORT PADA CPU

  1. Port AUDIO
2. Port LAN

3. Port USB

4. Port Paralel

5. Port Serial

6. Port PS/2 Mouse & Keyboard
V. Teori Singkat

Komponen-Komponen Di Dalam CPU Beserta Fungsinya

CPU (Central Processing Unit) adalah bagian terpenting pada komputer,karna seluruh perintah dan kinerja akan diproses pada CPU yang kemudian di tampilkan pada layar monitor dan output lainnya.
Adapun komponen-komponen yang ada didalam CPU yaitu :
  1. Motherboard                      
  2. Processor                          
  3. Memori (RAM)
  4. Harddisk (HDD)
  5. CD/DVD-Rom
  6. Power Supply

1. Motherboard
 Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

2.Processor
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

3.Kipas Prosessor
Fungsi utama dari sebuah kipas komputer adalah mengeluarkan panas dan menggantinya dengan udara segar ke dalam sistem. Kipas pendingin ini telah dirancang agar sesuai ditempatkan pada motherboard atau hard disk drive. Ada sekitar 3 atau 4 baling-baling kipas pada CPU. Ada juga komputer yang telah dirancang khusus sudah mempunyai kipas extra yang ditempelkan pada casing komputer yang terbuat dari alumunium, namun demikian kipas tersebut tidaklah cukup untuk meredam panas yang dihasilkan oleh CPU sehingga tetap harus dipasang kipas pendingin CPU, apalagi untuk komputer yang digunakan antara antara 12 hingga 15 jam sehari sehingga kipas tersebut tidak akan cukup untuk memberikan ventilasi udara yang memadai. Oleh karena itu kipas pendingin untuk CPU didesain dan telah terbukti mampu meredam panas yang dihasilkan oleh CPU walaupun komputer dioperasikan dalam jangka waktu yang lama.

4.Memori (RAM)
RAM adalah unit penyimpan data tidak permanen artinya data dalam RAM akan hilang jika listrik mati. Ukuran data RAM dinyatakan dengan Byte (B) dan kecepatan akses RAM dinyatakan dengan Hertz (Hz). Jadi dalam RAM tidak cuma data saja, namun ada parameter lain yaitu kecepatan RAM. Kecepatan RAM harus sesuai dengan spesifikasi soket RAM pada motherboard. Contoh: RAM 512MB PC667 mempunyai ukuran data 512MB dengan kecepatan akses 667 MHz.
Keberadaan RAM dapat diibaratkan dengan meja kerja dan Harddisk diibaratkan dengan lemari arsip. Jika kita akan bekerja, pada awalnya kita ambil berkas dari lemari arsip lalu dipindah ke meja kerja supaya memudahkan dan mempercepat proses pengerjaan. Setelah selesai maka berkas tersebut kita simpan kembali di lemari arsip.
Contoh beberapa merk RAM adalah V-gen , Kingston, Visipro, Ramos, dll. Generasi RAM dari waktu ke waktu :
  • Static RAM (SRAM)
  • Non Nolatile RAM (NV-RAM)
  • Dynamic RAM (DRAM)
  • Syncronous DRAM (SDRAM)
  • DDR RAM (Dual data rate RAM)
  • DDR II RAM (DDR generasi kedua)
  • DDR III RAM (DDR generasi ketiga)

5.Harddisk (HDD)
Harddisk adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Harddisk berisi sebuah cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Harddisk ditemukan pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama berukuran 4.4 MB. Sekarang dikenal dua macam harddisk yaitu ATA dan SATA (Serial ATA). Harddisk ATA mempunyai koneksi 40 pin dan Harddisk SATA hanya mempunyai koneksi 6 pin.
      Harddisk SATA lebih cepat dari Harddisk ATA, namun jika motherboardnya tidak mendukung koneksi SATA maka kita tidak bisa menggunakan harddisk SATA. Sekarang ukuran Harddisk sudah sangat besar, seperti 500GB, 750GB, dan 1000GB (1 TB – Terra Byte). Merk Harddisk yang terkenal adalah Seagate, West Digital, Maxtor, Samsung, dll. Harga hardisk tergantung dari kapasitas penyimpanan data sebuah harddisk, makin besar semakin mahal.

6.DVD/CD room
Optical Disc Drive merupakan perangkat yang dapat berdiri sendiri seperti pemutar CD, pemutar DVD dan perekam DVD. Optical Disc Drive juga sangat sering digunakan dalam komputer untuk membaca software dan data lain yang didistribusikan melalui Disc. Selain itu, Optical Disc Drive juga sering digunakan untuk menyimpan data arsip. Floppy disc drive dengan kapasitas 1.44 MB, sudah ditinggalkan.
       Media optik yang murah dan memiliki kapasitas lebih tinggi untuk menangani file besar juga telah digunakan sejak floppy disc ada dan sebagian besar komputer dan perangkat keras yang tujuannya untuk hiburan banyak memiliki optical writer.

7.Power Supply
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain.

8. Slot PCI
Slot PCI adalah (kepanjangan dari bahasa Inggris: Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.
Slot PCI adalah tempat/slot untuk modem, tv tuner,LAN card (Multi Fungsi)

9. Slot ATA
Socket ini berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti Harddisk atau Optical Drive jenis ATA,Socket seperti ini biasanya terdapat lebih dari 1 tergantung dari jenis atau Type motherboardnya.


10. Slot SATA
Slot Serial ATA (SATA) : Socket ini berfungsi untuk menghubungkan Disk Drive seperti Harddisk atau Optical Drive jenis SATA,Socket seperti ini biasanya terdapat lebih dari 1 tergantung dari jenis atau Type motherboardnya. Slot SATA memiliki kecepatan lebih dibanding slot ATA

11. VGA card
Atau nama latinnya Video Graphic Array adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.


PORT PADA CPU

a) Serial Port .
Port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.  Cara kerja port serial yaitu untuk mengirimkan satu bit data dalam satu waktu tertentu. Kabel serial memiliki panjang maksimum yaitu sekitar 50 kaki atau setara dengan (15,2 m).
      Port ini mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih kecil dengan jenis pararel. Port serial yaitu; COM1, COM2, COM3, dan COM4. kabel konektor untuk COM1/COM3 adalah 9 pindan untuk COM2/COM4 adalah 25 pin.

b) Paralel port
Port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
      Port paralel dapat menerima atau membaca data beberapa bit sekaligus melalui sejumlah kabel yang dimilikinya. Oleh sebab itu seara umum port paralel lebih cocok untuk alat yang melakukan banyak perpindahan data.
      Port yang mempunyai kemampuan menteranfer data dengan kecepatan standart parallel port (SPP) 200 Kb / detik. Port parallel terdiri dari: LPT1, LPT2 dan LPT3. kabel konektor adalah 25 pin.

c) Port USB
Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard.
       Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah.

d) Port VGA / Video
Sebuah port video berfungsi untuk menghubungkan kabel monitor ke komputer. Ada beberapa port video dan jenis konektor:
  • Video Graphics Array (VGA) – VGA memiliki baris 3-, konektor perempuan 15-pin dan memberikan output analog ke monitor.
  • Digital Visual Interface (DVI) – DVI memiliki konektor 24-pin konektor female atau 29-pin perempuan dan menyediakan output digital yang terkompresi untuk monitor. DVI-I menyediakan kedua sinyal analog dan digital. DVI-D menyediakan sinyal digital saja.
  • High-Definition Multimedia Interface (HDMI) – HDMI memiliki konektor 19-pin dan menyediakan video digital dan sinyal audio digital.
  • S-Video – S-Video memiliki konektor 4-pin dan menyediakan sinyal video analog.
  • Komponen / RGB – RGB memiliki tiga kabel terlindung (merah, hijau, biru) dengan jack RCA dan menyediakan sinyal video analog.



e) Port PS/2 Mouse
Port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan mouse. Port ini digunakan untuk mouse dengan model lama.

f) Port PS/2 Keyboard
Port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard.

g) Port network (RJ-45) / LAN Port
Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN). Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer.
      Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.

h) Port Sound Card
Berfungsi menghubungkan CPU dengan peralatan audio (speaker, mic, dan tv tuner). Port ini terdiri dari 3 port yaitu port line in, line out, dan microphone.


VI. KESIMPULAN

Dari hasil praktikum yang telah kami lakukan, yaitu praktikum pengenalan hardware pada CPU, yang dapat kami simpulkan adalah didalam CPU terdapat berbagai komponen, slot, dan port dengan fungsi spesifiknya masing-masing. Sebagai komponen utama ada : Motherboard, Processor, Kipas(fan) processor, Memori (RAM),VGA card, Harddisk (HDD), CD/DVD-Rom, dan Power Supply. Bagian port ada : Port serial, Port parallelPS / 2USB (Universal Serial Bus), Port video (monitor) / Port VGA. Bagian Slot ada : Slot PCIe, Slot Memory, Slot ATX Power, Slot Serial ATA (SATA).


3 komentar:

  1. Soal yang membantu memahami jeroan sistem komputer

    BalasHapus
  2. Sangat menambah wawasan tentang isi PC

    BalasHapus
  3. CPu ternyata memiliki komponen lumayan kompleks juga ya

    BalasHapus