Kamis, 23 Maret 2017

JARKOM 5 : VLAN

SOAL

1. Jelaskan pengertian VLAN !

Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

2. Jelaskan pembagian VLAN berdasarkan tipe koneksi !

a. Trunk link.
Dibuat untuk menghubungkan switch dengan switch yang lain, switch dengan router, atau switch dengan server dimana link tersebut akan dgunakan untuk melewatkab data-data dari VLAN yang berbeda.
b. Access link.
Merupakan tipe link yang umum dan meiliki hampir semua jenis switch VLAN. Access link digunakan untuk menghubungkan komputer dengan switch.
c. Hibrid link.
(gabungan dari Trunk dan Access).

3. Jelaskan manfaat VLAN !
- Performa.
VLAN mampu mengurangi jumlah data yang dikirim ke tujuan yang tidak diperlukan. Sehingga lalu lintas data yang terjadi di jaringan tersebut dengan sendirinya akan berkurang.
- Mempermudah Administrator Jaringan.
Setiap kali komputer berpindah tempat maka komputer tersebut harus dikonfigurasi ulang agar mampu berkomunikasi dengan jaringan dimana komputer itu berada. Hal ini membuat komputer tersebut tidak dapat dioprasikan langsung setela dipindahkan. Jaringan dengan prinsip VLAN bisa meminimalkan atau bahkan menghapus langkah ini karena pada dasarnya ia tetap berada pada jaringan yang sama.
- Mengurangi Biaya.
Dengan berpindahnya lokasi, maka seperti halnya diatas, akan menyebabkan biaya instalasi ulang. Dalam jaringan yang menggunakan VLAN, hal ini dapat diminimalisir ataupun dihapus.
- Keamanan.
VLAN bisa membatasi pengguna yang bisa mengakses suatu data, sehingga mengurangi kuemungkinan terjadinya penyalahgunaan hak akses.








Steven Sen        : https://youtu.be/bf9SBexvUvo
Sofwan               : https://youtu.be/2LsR_7MeJIU
La Ode M.N.A    : https://www.youtube.com/watch?v=9hNOq1hkMnE

Febriana             : https://www.youtube.com/watch?v=YBaB2AQKc9I



Praktikum Jaringan Komputer
VLAN



OLEH
Febriana.                                                         : 064001600017
La Ode Muhammad Nur Abdurahman       : 064001600013
Soefwan                                                           : 065001600002
Steven Sen                                                       : 064001600022

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI

UNIVERSITAS TRISAKTI
2017


VLAN (Virtual LAN)
Tujuan  
Mampu memahami tentang VLAN dan mensetting VLAN.

ELEMEN KOMPETENSI

No
Elemen Kompetensi
Indikator Kerja
1.
VLAN
1.1 Mensetting VLAN
1.2 Melakukan pengecekkan paket data pada
VLAN

PERTANYAAN

  1. Apakah yang dimaksud dengan VLAN?
VLAN (Virtual Local Network) merupakan pengembangan dari LAN. VLAN adalah suatu model jaringan mirip LAN namun tidak terbatas pada lokasi fisik. Oleh karena itu jaringan ini dapat dikonfigurasi secara virtual tidak bergantung pada lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation. Alat yang menjadi kunci utama sehingga jaringan dapat dikonfigurasi secara logic adalah switched.
  1. Bagaimanakah VLAN diimplementasikan?
Implementasi VLAN sebagai alternatif untuk mengurangi broadcast pada jaringan. VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode(tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya, baik menggunakan port, MAC address dan sebagainya. Semua informasi yang mengandung penandaan atau pengalamatan suatu VLAN disimpan dalam suatu database(tabel), jika pendaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/brigde yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/brigde inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama. Switch /bridge memiliki informasi yang sama. Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya., atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan (bridging software) yang berfungsi mencatat atau menandai suatu VLAN berdasarkan workstation yang didalamnya untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.   

TEORI SINGKAT

Virtual Local Area Network (VLAN) adalah metode untuk menciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri-sendiri. VLAN sendiri berada dalam jaringan Local Area Network (LAN), sehingga dalam jaringan (LAN) bisa terdapat satu atau lebih VLAN. Dengan demikian kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam dalam suatu jaringan, kita dapat membuat lagi satu atau lebih jaringan (jaringan di dalam jaringan).
Konfigurasi VLAN itu sendiri dilakukan melalui perangkat lunak (software), sehingga walaupun komputer tersebut berpindah tempat, tetapi ia tetap berada pada jaringan VLAN yang sama.
Jenis VLAN
Berdasarkan perbedaan pemberian membership, maka VLAN bisa dibagi menjadi empat :
1.Port based
Dengan melakukan konfigurasi pada port dan memasukkannya pada kelompok VLAN sendiri. Apabila port tersebut akan dihubungkan dengan beberapa VLAN maka port tersebut harus berubah fungsi menjadi port trunk (VTP)
2.MAC based
Membership atau pengelompokan pada jenis ini didasarkan pada MAC Address .  Tiap switch memiliki tabel MAC Address tiap komputer beserta kelompok VLAN tempat komputer itu berada
3.Protocol based
Karena VLAN bekerja pada layer 2 (OSI) maka penggunaan protokol (IP dan IP Extended) sebagai dasar VLAN dapat dilakukan.
4.IP Subnet Address based
Selaij bekerja pada layer 2, VLAN dapat bekerja pada layer 3, sehingga alamat subnet dapat digunakan sebagai dasar VLAN
5. Authentication based
Device atau komputer bisa diletakkan secara otomatis di dalam jaringan VLAN yang didasarkan pada autentifikasi user atau komputer menggunakan protokol 802.1x
Sedangkan dari tipe koneksi dari VLAN dapat di bagi atas 3 yaitu :
1. Trunk Link
2. Access Link
3. Hibrid Link (Gabungan Trunk dengan Access)

LAB SETUP

Untuk dapat menjalankan praktikum ini maka hal-hal yang diperlukan yaitu :
  • Komputer atau laptop
  • Program cisco packet tracer

PENJABARAN ELEMEN KOMPETENSI

  • Hubungkan 5 pc dengan 3 switch seperti gambar di bawah ini :
  • Ketikkan IP address pada masing-masing PC seperti : Pc 0 : 192.168.10.20   Pc 3 : 192.168.10.23
Pc 1 : 192.168.20.21   Pc 4 : 192.168.20.24
Pc 2 : 192.168.30.22   Pc 5 : 192.168.30.25

  • Setelah melakukan pensettingan IP pada Pc. Klik Switch0 – config – VLAN database. Pada kolom VLAN number dan VLAN name isikan dengan:
VLAN number : 10 VLAN number : 20 VLAN number : 30 VLAN name : mahasiswa1 VLAN name : dosen1   VLAN name : trisaktiA Lalu klik Add jika sudah mengetikkan VLAN database pada switch0.


  • Lakukan hal sama pada switch1. Pilih config-VLAN database.  
VLAN number : 10 VLAN number : 20 VLAN number : 30 VLAN name : mahasiswa2 VLAN name : dosen2   VLAN name : trisaktiB Lalu pilih Add setelah memasukkan VLAN number dan VLAN name.
  • Klik switch2. Lalu pilih config – VLAN database
VLAN number : 10 VLAN number : 20 VLAN number : 30 VLAN name : mahasiswa3 VLAN name : mahasiswa3 VLAN name : trisaktiC Lalu klik add setelah memasukkan VLAN number dan VLAN name.


  • Klik kembali switch0. Pilih config – FastEthernet 0/1 dan FastEthernet 0/4 pada kolom access di ubah menjadi Trunk


Sedangkan untuk Fastethernet 0/2 dan FastEthernet 0/3 tidak usah diubah.
  • Klik switch1. Pilih confi lalu FastEthernet 0/1, FastEthetnet 0/2, dan FastEthernet 0/4 pada kolom access diubah menjadi Trunk. Dan pada FastEthernet 0/3 tidak perlu diubah.


  • Klik switch2. Pilih config lalu Fastethernet 0/1 pada kolom access diubah menjadi trunk dan untuk lainnya tidak perlu diubah.



  • Klik switch0 – pilih CLI. Lalu ketikkan exit (lalu enter) lakukan hal ini 2 kali. Setelah itu ketikkan show vlan brief.
  • Setelah mensetting semuanya. Maka dapat dilakukan pengecekkan paket data yang dikirim apakah berhasil atau tidak. Dengan cara mengirimkan paket data dari satu pc ke pc lainnya.



KESIMPULAN

Dari praktikum VLAN ini, dapat kami simpulkan bahwa dalam dalam suatu jaringan, kita dapat membuat lagi satu atau lebih jaringan (jaringan di dalam jaringan). VLAN sendiri bisa terdapat beberapa buah dalam satu LAN.

TABEL CEKLIST

No.
Indikator Kerja
Ceklist
1.
Mensetting VLAN
 
2.
Melakukan pengecekkan paket data pada VLAN
 

FORM FEEDBACK

No.
Indikator Kerja
Tingkat ketertarikan
Lama Pengerjaan
1.
Mensetting VLAN
3
30 menit
2.
Melakukan pengecekkan paket data pada VLAN
3
10 menit

Keterangan : 1. Tidak suka 2. Biasa. 3. Suka 4. Sangat suka  

2 komentar: