Selasa, 14 Maret 2017

ORKOM 4 : Deep Freeze

SOAL

1. Apa itu deep freeze?

Deep Freeze, oleh Faronics, adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux SUSE sistem operasi yang memungkinkan administrator sistem untuk melindungi sistem operasi inti dan file konfigurasi pada sebuah workstation atau server dengan mengembalikan komputer kembali ke aslinya konfigurasi setiap kali restart komputer.

2. Sebutkan fitur-fitur deep freeze!

- Mencegah pengaksesan oleh pihak yang tidak memiliki izin pengontrolan komputer
- Menggunakan proteksi password dan keamanan yang baik
-Dapat melindungi lebih dari 1 partisi hard drive
- Dapat berfungsi dengan baik pada hard drive berjenis SSD, SCSI, ATA, SATA, dsn IDE
-Dapat berjalan pada kondisi multi boot
3. Sebutkan keuntungan menggunakan deep freeze!

  • Mencegah virus menyebar di komputer karena ketika virus mulai mencoba menginfeksi sistem, maka sistem akan langsung melakukan restart dan mengembalikan komputer ke situasi awal.
  • Cocok digunakan untuk komputer yang dipakai banyak orang seperti warnet atau sekolah, sehingga komputer selalu dalam kondisi terawat.  
  • Jika secara tidak sengaja merubah pengaturan komputer, maka pengaturan tersebut tidak akan tersimpan.  
  • Menghemat waktu dan biaya untuk maintenance komputer.
4. Jelaskan pengertian  Boot frozen , Boot Thawed on Next, dan Boot Thawed!
  • Boot frozen : apabila anda memilih ini, computer anda akan tetap di freeze setiap kali boot. 
  • Boot Thawed on Next: computer akan di unfreeze untuk sekian kali restart, klo anda pilih 2 maka selama dua kali restart, program deepfreeze akan di non aktifkan atau di unfreeze. Lebih dari 2, computer anda akan di freeze kembali (akan muncul tanda X pada icon beruang)
  • Boot Thawed: apabila memilih ini, setelah computer anda restart, computer anda akan di unfreeze dalam waktu yang tidak terbatas, sampai anda men setting kembali. (akan muncul tanda X pada icon beruang). Apabila anda ingin membuat perubahan pada Drive C (berisi Windows dan Software), anda dapat memilih opsi 2 atau 3. Tergantung keperluan anda.




PRAKTIKUM ORGANISASI KOMPUTER DAN SISTEM OPERASI
INSTALASI DAN OPERASI DEEP FREEZE
Disusun Oleh :
Kelompok A :
Febriana.                                                        : 064001600017
La Ode Muhammad Nur Abdurahman          : 064001600013
Soefwan                                                         : 065001600002
Steven Sen                                                      : 064001600022


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
                        UNIVERSITAS TRISAKTI              
2017


I              JUDUL PRAKTIKUM : Instalasi dan Operasi Deep Freeze
II            TUJUAN PRAKTIKUM : Dapat menginstal dan mengoperasikan Deep
Freeze


III          ELEMEN KOMPETENSI
1. Deskripsi : Penginstalan dan Operasi Deep Freeze
2. Kompetensi dasar : Dapat menginstal dan mengoperasikan Deep Freeze


IV. Cara percobaan/langkah-langkah percobaan
1. Download dan Klik 2x dulu master deepfreezenya. Lalu next
(1).jpg
(2).jpg
2. Klik Agrrement dan Next, kemudian masukkan license key deepfreeze atau bisa dengan free pada klik use evaluation . Klik Next untuk melanjutkan.
(3).jpg
(4).jpg


3. Memastikan yang drive mana yang akan di kunci atau di frozen dengan mengubahnya menjadi freeze
(5).jpg
4. Pilih apakah akan membuat Thawspace atau tidak. Jika ya konfigurasikan ukuran dan partisi Disknya. Klik instal
(6).jpg
5. Please Wait, jika sukses, komputer sebentar lagi akan restart


6. Setelah restart komputer selesai, maka ada kepala beruang yang muncul di taskbar bagian pojok kanan bawah komputer, berarti deepfreeze sudah terinstal dengan sempurna.
1.jpg
7. Klik Yes untuk memberikan password, klik no jika tidak ingin diberi password.
2.jpg
8. Deep Freeze sudah terinstal. Pada icon tray dikanan bawah, tekan  shift+klik kiri 2x. Maka deep freeze akan terbuka. Kita bisa menggunakan fungsi-fungsi yang ada pada Status on next boot.
3.jpg
9. Testing fungsi boot frozen apakah berfungsi atau tidak dengan mencoba membuat folder pada local disk yang difrozen. Disini kami membuat pada local D, nama folder : Kelompok A
7.jpg
10. Jika sudah setting pengaturan boot Deep Freeze, klik Apply and Reboot untuk merestart komputer secara otomatis, atau OK saja untuk merestart komputer secara manual.
4.jpg
11. Setelah reboot, maka bisa dicek pada local D, folder kelompok A seharusnya sudah terhapus otomatis oleh deep freeze. Praktikum Selesai
8.jpg


IV. Teori Singkat


Deep Freeze (atau bisa disingkat DF) adalah software hebat yang dapat dijalankan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OSX, SUSE Linux maupun windows 7. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan semua jenis sistem operasi yang ada. Deep Freeze (DF) dirancang untuk dapat menjadi aplikasi yang bertugas untuk mengizinkan sistem administrator untuk melindungi sistem operasi dan juga mengubah file-file yang ada dengan cara memugar dan mengkondisikan kembali sistem komputer pada pengaturan awal atau sama dengan kondisi asli setiap kali restart atau shutdown.


Deep Freeze Overview
Pengaturan DFdapat diubah sesaat setelah user melakukan log out. Aplikasi DF ini berjalan dengan cara melakukan shutdown setelah memilih waktu aktif, atau juga dapat dilakukan dengan cara melakkan restart atau shutdown pada waktu yang telah ditetapkan, dan saat mengaktifkan aplikasi ini Anda harus dapat memastikan tidak ada satu proses instalasi pun yang tertinggal.


Fungsi-fungsi pada Deep Freeze
Boot Frozen : untuk mengaktifkan deep freeze
Boot Thawed on Next : untuk menonaktifkan deep freeze setelah jumlah restart yang kalian pilih
Boot Thawed : untuk menonaktifkan deep freeze selama deep freeze di aktifkan kembali


Keunggulan Deep Freeze :
1. Meminimalisir penyebaran virus, karena ketika virus sudah mulai menginfeksi komputer Anda, maka sistem akan melakukan restart dan mengembalikannya pada kondisi awal
2. Seandainya Anda secara tidak sengaja telah mengubah setingan pada sistem, seperti control panel atau registry, maka aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengembalikannya pada settingan default
3. Aplikasi ini sangat cocok digunakan pada jaringan yang menggunakan komputer dengan jumlah yang cukup banyak dan diakses oleh banyak orang pula, sepeti warnet.
4. Menurut promo dari Faronics (developer), dengan menggunakan Deep Freeze, perusahaan dapat menghemat beban biaya IT support hingga 63%.


Kekurangan Deep Freeze :
1. Jika Anda lupa password Deep Freeze maka sistem akan terus berada pada kondisi beku atau “freeze/ frozen” sampai Anda mengingat kembali passwordnya. Namun, jika password masih belum dapat Anda ingat, maka salah satu solusinya adalah dengan cara memformat ulang sistem komputer Anda.
2. Merugikan pengguna yang menyimpan file dan dokumennya pada drive yang di – frozen, karena file yang disimpan disana akan otomatis hilang
3. Tidak mengizinkan menggunakanfitur ‘recovery file saving’, dimana ketika aliran listri tiba-tiba mati, maka dokumen yang belum tersimpan otomatis akan hilang.
4. Untuk menginstal aplikasi baru, maka DF harus di nonaktifkan terlebih dahulu (unfrezee)
5. Untuk menggunakan DF dalam waktu yang cukup lama mengakibatkan lambatnya kinerja komputer


V. KESIMPULAN

Dari praktikum “Instalasi dan Operasi Deep Freeze” ini, kami menyimpulkan bahwa Deep Freeze ini aplikasi yang berguna untuk menghindari komputer dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti virus, penghapusan file secara tidak sengaja, malware, instalasi yang tidak diinginkan, dan lain sebagainya sehingga komputer kita kembali ke default seperti awal menginstal Deep Freeze. Disisi lain, aplikasi ini juga tidak direkomendasikan saat hendak mengerjakan proyek dan disimpan di drive yang di freeze kan. Deep freeze cocok diterapkan pada komputer umum seperti warnet, dan komputer sekolah yang banyak digunakan secara bersama. Fitur-fitur Deep Freeze harus bisa dimanfaatkan dengan baik.

2 komentar:

  1. Ternyata banyak juga fitur dari deep freeze

    BalasHapus
  2. Susah unisntallnya klo pas ketemu eror nih, tapi penjelasannya bagus

    BalasHapus